Minggu, 04 Mei 2014

Tips Cara Mudah Agar Flashdisk tidak Terinfeksi Virus


flashdisk
Tips Cara Agar Flashdisk tidak Mudah Terinfeksi Virus - Salam IT Newbie, masih setia dengan kami dengan tutorial terbaru yang sifatnya umum untuk siapa saja, dan terutama untuk para newbie, yang baru mengenal ilmu IT komputer. Dalam tutorial ini saya tidak akan memberikan tutorial yang berat-berat, hanya sekedar permasalahan umum, yang biasanya dialami oleh setiap orang yaitu masalah virus yang mudah sekali masuk ke flashdisk.

Pernahkah diantara sobat yang mengalami permasalahan dimana saat sobat mencoba mengcopy data dari warnet kemudian ingin mem-paste ke komputer sobat dan tiba-tiba dalam komputer sobat mengalami keanehan. komputer menjadi lambat dan sedikit not responding, bahkan kadang dengan sendirinya komputer melakukan restart otomatis.

Ini yang pernah saya alami, kenapa komputer bisa langsung menjadi lambat dengan dimasukannya flashdisk ke komputer. Sebenarnya saat sobat mencoba menancapkan flashdisk ke komputer, disaat itu juga virus mulai masuk, virus masuk ke komputer karena flashdisk telah terinfeksi dari warnet saat sobat melakukan copy data. Kenapa komputer kita bisa langsung terinfeksi dengan cepatnya, karena flashdisk merupakan media yang paling mudah diinfeksi oleh virus. Dan mungkin komputer sobat belum melakukan pencegahan masuknya virus di flashdisk. Untuk mencegahnya sobat bisa membaca tutorial sebelumnya di tutorial : 8 Tips Mengamankan Komputer dari virus dan sobat juga harus melakukan pencegahan lainnya dengan menonaktifkan fitur autorun pada windows.

Sebenarnya autorun dibuat oleh windows yaitu untuk mempermudah pengguna. Jadi setiap kali kita memasukan media seperti, flashdisk, hardisk external atau CD/DVD, file autorun.inf didalam media tersebut langsung berjalan,  agar isi dalam media tersebut bisa langsung dimainkan. contohnya ketika sobat memasukan CD musik, maka windows akan langsung menjalankan windows media player atau winamp.

Namun dengan adanya fitur dari autorun itu, banyak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat virus kemudian menggunakan fitur autorun tersebut untuk menyebarkan virus nya.

 Mengapa fitur autorun pada windows harus dimatikan? karena fitur autorun merupakan sebuah celah bagi si virus untuk melakukan penyebaran virusnya, entah itu melalui flashdisk, hardisk external, CD/DVD dan media lainnya. Untuk mematikan atau menonaktifkan fitur autorun pada windows, sobat bisa membaca tutorial nya : Cara Disable atau Mematikan Fitur Autorun di Windows.


Untuk mencegah penyebaran virus, prinsip kerjanya sangatlah mudah. Dari sisi komputer sobat, sobat perlu mematikan fitur autorun, dan dari sisi flashdisk, pastikan autorun tidak pernah akan bisa di modifikasi.

Untuk bisa melakukan pencegahan dari infeksi virus agar flashdisk kebal dari virus caranya sangat lah mudah dengan menggunakan aplikasi antivirus dari BitDefender Immunizer atau bisa juga menggunakan Panda USB Vaccine, Aplikasi antivur ini merupakan antivirus untuk mencegah penyebaran virus melalui flashdisk.

Untuk mendapatkan aplikasi antivirus ini, sobat dapat mendownload nya secara gratis, sebagai berikut :


Cara memakainya setelah sobat  mendownloadnya, maka langsung saja sobat dapat menjalankan dengan cara double click pada aplikasi antivirus tersebut, maka secara otomatis akan mendeteksi fasilitas autorun tersebut di komputer apakah sudah aktif ataukah sudah off, bila masih aktif, maka aplikasi tersebut akan langsung memberikan sebuah opsi untuk mematikan fasilitas autorun dan sebaiknya sobat bisa lakukan.

Jika sudah selesai melakukannya, maka sobat hanya tinggal mencolokkan flashdisk sobat yang hendak anda dicegah atau di kebalkan, kemudian pilih flashdisk dari menu yang ada, lalu tekan Immunize atau Vaccine, maka dengan seketika file autorun.inf di flashdisk akan langsung diganti dengan yang baru dan saat itu juga  komputer/flashdisk sobat sudah kebal dari virus.

Dengan mengikuti langkah - langkah diatas secara benar maka flashdisk sobat dapat dicegah dengan penyebaran virus karena dengan menggunakan Immunizer atau Vaccine maka fitur autorun dari flashdisk akan dimatikan begitupula dengan komputer sobat, komputer sobat harus dimatikan fitur autorunnya.

Setidaknya dengan membaca tutorial ini flashdisk sobat dapat kebal dari virus. dan mencegah masuknya infeksi virus, malware, atau trojan dari fitur autorun ini.

Semoga tutorial Tips Cara Mudah Agar Flashdisk tidak Terinfeksi Virus ini dapat menambah wawasan sobat yang sering kali komputernya terkena virus karena flashdisk.
Semoga bermanfaat. Jika sobat belum paham, bisa berkomentar dibwah form ini.
Salam IT Newbie.

Sumber : it-newbie.com


FB   :  https://www.facebook.com/rizka.juanda
TW :  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar